Tips Pinjam Uang Online Paling aman yang Perlu Anda Terapkan

  • Post by Julia
  • Sep 29, 2021
Tips Pinjam Uang Online Paling aman yang Perlu Anda Terapkan

Inspa.info - Pinjaman online belakangan ini menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Selain persyaratan aplikasi yang mudah, pencairan dana juga relatif cepat dibandingkan dengan proses pemberian pinjaman melalui bank. Namun, anda juga harus mengetahui beberapa tips pinjam uang online.

6 Tips Pinjam Uang Online

Melalui ulasan di atas tentunya Anda dapat memahami hak dan kewajiban jika menjadi nasabah pinjaman online serta syarat dan ketentuan yang ada. Namun sebagai panduan nyata untuk merasa nyaman, berikut ini resep dari kami cara aman pinjam uang di fintech online.

1. Pilih Pinjaman Online Resmi

Tips pinjam uang online pertama yaitu tentunya hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan transaksi pinjaman adalah dengan memperhatikan jenis pinjaman online. Artinya, Anda tidak hanya sekadar mengunduh aplikasi pinjaman online.

Pilih pinjaman online apa saja yang sudah terdaftar di fintech Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pasalnya, perusahaan fintech yang terdaftar resmi di OJK akan mengikuti prosedur dan prosedur yang telah ditetapkan, mulai dari cara penagihan, ketentuan besaran bunga pinjaman tidak boleh lebih dari 30%, dan lain-lain.

2. Pilih Pinjaman Online Bunga Rendah

Selanjutnya dari tips pinjam uang online adalah memilih pinjaman online terbaik yang memberikan penawaran bunga rendah dari pinjaman online yang lainnya. Lagi pula, suku bunga yang lebih rendah pasti lebih menguntungkan, bukan?

3. Catat Tanggal Jatuh Tempo

Ketika pinjaman online Anda disetujui dan dicairkan, hal pertama yang harus diingat jika Anda memiliki hutang di platform pinjaman online adalah untuk mencatat tanggal jatuh tempo. Dengan mendaftar Anda tidak akan lupa kapan hutang harus dilunasi.

Selain itu screenshot juga jika perlu (untuk pengguna aplikasi pinjaman online), dengan mencatat tanggal jatuh tempo pinjaman anda, anda akan lebih udah memberikan bukti jika terjadi hal yang tidak di inginkan.

4. Catat Jumlah Dana Pinjaman

Tips pinjam uang online selanjutnya adalah dengan mengingat berapa tagihan atau cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Agar tidak lupa, Anda perlu mencatatnya di buku catatan khusus. Jika perlu, tulis di catatan tempel dan tempel di papan di dinding.

5. Menyisihkan Gaji Untuk Pelunasan

Begitu gaji dicairkan, segera sisihkan dana khusus untuk melunasi pinjaman online. Jangan memanipulasi uang yang dialokasikan untuk tujuan lain. Dengan begitu, ketika saatnya melunasi utang dari pinjaman online, bisa langsung lunas.

6. Membayar Tepat Waktu

Batas waktu pelunasan utang adalah tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, tips pinjam uang online lebih baik melunasi utang sebelum tanggal jatuh tempo agar Anda tidak dikenakan biaya.

Misalnya saat jatuh tempo adalah 1 Januari, pembayaran pinjaman online terakhir harus pada tanggal tersebut. Jika melebihi tanggal tersebut, misalkan Anda membayarnya pada tanggal 2 Januari, Anda berkewajiban untuk terus membayar tagihan dan dikenakan biaya bunga atau denda tambahan.