5 Tips Menabung di Bank yang Paling Menguntungkan

  • Post by Julia
  • Oct 09, 2021
5 Tips Menabung di Bank yang Paling Menguntungkan

Inspa.info - Menabung di Bank yang paling menguntungkan menjadi topik yang menarik untuk kita bahas. Pasalnya, setiap orang wajib menabung jika ada uang tambahan, baik itu dari uang saku atau penghasilan. Namun, jika Anda sudah bekerja seolah-olah perlu memiliki tabungan, karena kebutuhan mendesak di masa depan tidak dapat diramalkan sebelumnya.

Namun tidak perlu khawatir jika tabungan hanya berhenti, dan tidak berkurang atau bertambah. Ini jika Anda menyimpannya secara mandiri di rumah, atau mungkin di bank tetapi hanya ada sedikit informasi tentang penambahan uang yang dapat dilakukan oleh siapa saja.

Bagi Anda yang ingin tabungan Anda bisa terus bergerak dan menambah penghasilan, Anda bisa simak tips Menabung di Bank yang paling menguntungkan berikut ini. Sehingga uang jajan dapat berpindah dari pekerjaan utama dengan sendirinya menjadi bertambah.

1. Jumlah Uang

Seperti cara pinjam di Finmas pinjaman online, Beberapa bank menawarkan tingkat bunga untuk menabung dalam jumlah tertentu, karena jika tabungan lebih besar, kenaikan bunga jelas akan lebih besar. Namun hal berikut ini tidak bisa terjadi dalam waktu singkat, karena bunga dari tabungan bank tidak sebesar cara lainnya.

Misalnya, dalam satu tahun hanya ditawarkan bunga 4 persen, belum lagi ada potongan biaya manajemen (beberapa bank membebaskan biaya manajemen). Jadi meskipun bergerak, meningkatkan tabungan Anda sangat lambat.

Selain itu besarnya tabungan mempengaruhi tingkat bunga yang diperoleh, namun jika sangat besar maka tentunya akan ada potongan lagi untuk PPh. Dan tidak semua bank menerapkan sistem seperti itu, sehingga Anda perlu meminta informasi dari pihak bank sebelum memutuskan untuk menabung.

2. Deposito

Setelah itu, Anda bisa memasukkannya ke dalam program simpanan, sebagian besar bank memiliki program berikut untuk memberikan pilihan kepada nasabah untuk dapat mengontrol keuangannya dengan baik. Uang yang dimasukkan ke dalam setoran ini nantinya akan digunakan oleh bank untuk mendapatkan keuntungan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan pengelola keuangan bank untuk meningkatkan keuntungan, seperti meminjamkannya kepada orang yang membutuhkan, mendukung usaha, atau menggunakannya untuk investasi tertentu.

Dari segi bunga memang jauh lebih tinggi dari tabungan biasa, namun ada jumlah minimal uang yang harus dimasukkan dalam program simpanan. Jumlahnya bervariasi, tergantung pada kebijakan masing-masing bank, beberapa Rp. 5 juta bahkan puluhan juta.

Saat diikutsertakan dalam program Menabung di Bank yang paling menguntungkan ini, dana juga tidak dapat ditarik sewaktu-waktu, karena ada tanggal jatuh tempo yang mereka tetapkan. Mulai triwulanan, semester atau tahunan dan pendapatan bunga bervariasi setiap waktu juga.

3. Tabungan Berjangka

Hampir seperti deposito, dimana uang tidak dapat ditarik sewaktu-waktu jika termasuk dalam deposito berjangka ini, mungkin hanya 6 bulan, 12 bulan atau bahkan 24 bulan saja yang bisa diambil.

Karena istilah ini Menabung di Bank yang paling menguntungkan seolah-olah Anda telah menghasilkan uang untuk digunakan bank. Anda juga diwajibkan untuk membayarnya setiap bulan berdasarkan kesepakatan awal yang dibuat. Misalnya, jika Anda memutuskan program tabungan Rp 100.000 per bulan, Anda harus membayar sebanyak itu.

Anda harus membayar sejumlah uang ini hingga batas jatuh tempo yang telah ditentukan, yang berkisar antara 6 bulan hingga 20 tahun, tergantung bank mana yang menyediakannya. Bahkan jika Anda berhutang kepada orang lain atau membayar premi, ada keuntungan menerapkan sistem ini.

Beberapa keuntungan dari tabungan berjangka adalah tabungan yang rajin, suku bunga yang tinggi, mendapatkan asuransi dari bank, serta dana tabungan yang terjamin. Ini adalah istilah tabungan yang cocok untuk Anda yang memiliki penghasilan tetap selama ini.

4. Ikut Reksadana

Tips selanjutnya untuk Menabung di Bank yang paling menguntungkan adalah dengan berpartisipasi dalam reksa dana, di mana Anda dapat memperoleh bunga tanpa harus memperhatikan semua risiko yang terjadi di pasar. Hampir seperti berinvestasi saham, namun bisa dikatakan ini adalah versi yang sederhana karena tidak perlu langsung ke pasar saham.

Reksa dana telah mengirimkan para ahli untuk mengontrol uang investor di berbagai bidang, seperti saham, obligasi, dll. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan risiko yang akan terjadi, karena bank penyedia jasa reksa dana juga mengantisipasi hal-hal buruk yang akan terjadi.

5. Tabungan Emas

Terakhir, Anda bisa mengikuti program tabungan emas, namun tidak semua bank menyediakan layanan ini. Hanya ada beberapa jenis bank yang menawarkan layanan ini, jadi sebaiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada layanan pelanggan.

Namun dapat dikatakan bahwa tabungan emas tidak seaman reksa dana atau tabungan waktu, karena jika harga emas lebih rendah dari saat Anda membelinya sebelumnya akan mengakibatkan kerugian, tetapi sebaliknya terjadi.

Itulah berbagai tips Menabung di Bank yang paling menguntungkan untuk referensi saat ingin mendapatkan keuntungan lebih, agar tabungan tidak berhenti sampai di situ.